Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

NGO Indonesia dan Afrika Serukan Persatuan Somalia dari Afrika Selatan

08 October 2011
Image

Keempat organisasi itu, yakni Darul Islam Zakaah Fund (Daizaf), Muslim Judicial Council (MJC) dan Al Quds Foundation dari Afsel dan Program Pembibitan Penghafal Al Qur'an (PPPA) Daarul Qur'an dari Indonesia. Persatuan merupakan kata kunci yang disampaikan masing-masing pimpinan organisasi itu ketika memberikan sambutan.

“Kita ingin Somalia mengambil langkah bersama, bersatulah. Berbagai organisasi yang berkumpul di sini, memberikan dukungan yang besar untuk mengatasi masalah, misi kemanusiaan tak pernah berhenti,” kata  Syeikh Irafaan Abrahaams, pimpinan Daizaf.

Menurut Irafaan, persoalan Somalia juga merupakan persoalan masyarakat muslim, sehingga diperlukan dukungan semua umat muslim dunia untuk membantu, mereka harus bersatu untuk membantu Somalia. Pada sisi lain, Somalia juga perlu menyelesaikan persoalan yang ada di sana melalui persatuan. Jika bersatu, tak ada konflik, maka akan lebih gampang mengatasi masalah apapun, termasuk kekeringan dan kelaparan.

Wakil Direktur Program dan Komunikasi PPPA Daarrul Qur’an Sunaryo Adhiatmoko dalam kesempatan yang sama menyatakan, kondisi alam yang mengalami kekeringan memang merupakan persoalan, namun penyelesaiannya dengan dukungan muslim dunia akan lebih mudah jika konflik berhasil diredam.

“Somalia tak hanya dilanda kelaparan, tetapi juga kecamuk yang tak berujung reda. Salah satu peran yang bisa dilakukan selain membantu secara karitas, adalah menyerukan persatuan Afrika untuk mendukung Somalia dalam bentuk bantuan maupun perdamaian, sehingga masyarakat Somalia dapat bersatu menghadapi bencana kelaparan ini,” kata Sunaryo dalam pidatonya mewakili PPPA Indonesia.

Pertemuan itu sendiri dibarengi dengan kegiatan pengumpulan dana untuk Somalia. Lebih dari 500 orang, dari berbagai lembaga perwakilan beberapa negara menghadiri kegiatan itu, termasuk pengungsi Somalia yang sudah berada di Afrika Selatan, maupun pembicara yang berasal dari Somalia..

Acara pengumpulan dana yang mengusung tema We Are a United Somalia tersebut, merupakan bagian dari upaya pengumpulan dana yang akan didistribusikan kepada korban kelaparan dan kekeringan di Somalia.

Dana yang sudah terkumpul mencapai Rp 1 miliar rupiah. Perwakilan keempat organisasi tersebut direncanakan akan berangkat ke Somalia pada 17 Oktober mendatang untuk mendistribusikan bantuan secara langsung. Kerjasama PPPA Daarul Qur’an dengan ketiga organisasi Islam Afrika Selatan itu terjalin, tidak lepas dari keberadaan PPPA Daarul Qur’an cabang Afrika Selatan. (*)



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda