Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Rumah Quran PPPA di Pedalaman Pulau Timor

02 March 2012
Image

Tak hanya Umar Nenoliu, keluarga muslim lainnya di OeUe juga mengalami hal sama. Mereka tinggal di hunian amat sederhana beratap ilalang, seperti Ume Kubu. Awal pekan lalu, PPPA Daarul Quran untuk kedua kalinya datang ke desa itu. Kali ini, melanjutkan diskusi tentang konsep Kampung Quran di pedalaman. Dalam suasana pertemuan penuh kekeluargaan di Masjid An-Nur, Wakil Direktur Program dan Komunikasi, Sunaryo Adhiatmoko mebentangkan konsep Kampung Quran. Pemaparan itu diterjemahkan langsung oleh Ust Syarifudin Nobisa ke dalam bahasa asli Timor.

Kampung Quran adalah pembangunan kawasan berbasis penghafal Al-Quran. Seperti di OeUe, Kampung Quran diawali dengan dakwah sosial melalui pembangunan hunian yang sehat dan layak melalui program Rumah Quran. Selain makanan pokok sebagai masalah dasar, muslim minoritas di OeUe amat terbatas dalam tempat tinggal yang layak. Para suami, didorong derajatnya untuk memberikan perlindungan pada istri dan anak-anaknya, melalui tempat tinggal yang pantas dan menjaga kehormatan para istri dan anak-anak.

“Allahuakbar”, teriak warga serempak di dalam majsid. Para suami hatinya bergetar dengan ungkapan itu. Semangatnya mendidih untuk menyiapkan kayu, batu, dan kerja gotongroyong. Komitmen untuk selalu sholat Jamaah, juga ditegakan dalam kesepakatan warga yang diputuskan usai sholat Jumat lalu. Mereka juga akan mengikuti jejak anak-anaknya yang sudah aktif ke masjid dan pengkajian Al-Quran. Satu hal yang membanggakan dari mereka adalah, semagat anak-anak OeUe menggelora, pada pendidikan dan minat membaca Al-quran. Suara lantunan adzan dan ayat suci dari rongga mulut mereka juga terdengar indah.

Tahapan Kampung Quran OeUe sudah dimulai hari ini. Dimulai pembangunan 50 unit Rumah Quran, pembangunan Saung Quran (asrama santri untuk rumah tahfidz), penempatan Dai Hafidz Quran, dan pendampingan masyarakat berbasis penghafalan Al-Quran. Insya Allah, secara alamiah, Kampung Quran OeUe akan jadi pesantren kampung di pedalaman. Di dalam Rumah Quran, mereka akan mendaras dan menghafal Al-Quran, memperbaiki akhlak, dan menyempurnakan pilihan hidup mereka sejak berhijrah memeluk Islam. Wallahu’alam.

http://pppa.or.id/daqu/gallery/category/25-pedalaman-pulau-timor

 



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda