Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Seribu Anak Ikuti Jambore Santri Qur’an

16 April 2012
Image Menurut Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur’an, Tarmizi, Jambore Santri ini kali pertama mereka adakan. ‘’Jambore Santri semacam ini selanjutnya juga akan kami gelar di Semarang dan Surabaya,’’ katanya usai membuka Jambore Santri, Sabtu (14/4) sore.

Manager Program PPPA Daarul Qur’an, Rano Bilal, menjelaskan, perkemahan Sabtu-Minggu dimaksudkan untuk konsolidasi Rumah Tahfidz binaan PPPA Daarul Qur’an. Saat ini, menurutnya, ada sekitar 300 Rumah tahfidz di seluruh Indonesia, dengan jumlah santri sekitar 30 ribu.

‘’Konsep Jambore Santri adalah memindahkan kehidupan pesantren di Rumah Tahfidz ke kemah sabtu malam minggu,’’ terang Rano. Aspek-aspek yang dinilai dari setiap kontingen meliputi amalan kepesantrenan, K3 (kebersihan, ketertiban, keindahan) kemah, dan kreativitas seni. Selain itu, panitia juga menyelenggarakan beberapa perlombaan yang diikuti utusan setiap kemah seperti lomba adzan dan baca shalawat.

Sebagai perangsang prestasi, panitia menyediakan berbagai macam hadiah seperti kulkas, TV, hp, music box, dan lain-lain. ‘’Kami juga memberikan tiket cuma-cuma kepada semua peserta untuk masuk ke Kebun Binatang Ragunan,’’ imbuh Rano. M Muslihan Bashri, Pembina Rumah Tahfdiz Al Azmy Gunungsindur, Bogor, menyambut baik kegiatan jambore santri.

‘’Melalui jambore ini kita bisa mengajak para santri untuk istiqomah beribadah dan mengaji dalam suasana apapun, misalnya ketika berwudhu harus antri panjang dan sholat berjamaah bergantian,’’ tutur mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Qur’an Jakarta tersebut.

Meskipun sempat mendapat rinai gerimis pada Sabtu siang dan goyangan gempa pada minggu dini hari, para santri tampak menikmati kebersamaan mereka di tenda-tenda. ‘’Asyik, seru, mantap,’’ kata Andre dari Rumah Tahfidz Al Azmy. Rumah Tahfidz Al Ma’arif Tasikmalaya keluar sebaga juara umum Jambore Santri Qur’an.

Rumah Tahfidz yang memiliki 80 santri ini, kontingennya memenangi beberapa perlombaan. (nurbowo)

Photo: Seribu Anak Ikuti Jambore Santri Qur’an



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda