Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Klinik Daqu Sehat Fasilitasi Kelahiran Calon Hafidz Qur’an

15 April 2013
Image

‘’Alhamdulillah, dalam setahun ini Klinik Daqu Sehat Malang sudah melayani 1200 pasien ibu hamil (bumil). Semoga kelak anaknya menjadi 1200 Penghafal Qur’an,’’ demikian sambutan Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur’an, Tarmizi Ashidiq, dalam Milad I Klinik Daqu Sehat Kota Malang, 30 April 2013.

Tarmizi menuturkan, pendirian Klinik Daqu Sehat di Kota Apel berangkat dari keprihatinan terhadap tingginya angka kematian ibu melahirkan.

Angka kematian ibu melahirkan di Malang meningkat dari 20/100.000 kelahiran pada 2009 menjadi 30/100.000 (per November 2010). Meski angka ini masih di bawah angka nasional yaitu 180/100.000, namun Pemkab Malang terus berupaya menanggulanginya.

PPPA Daqu Malang pun tak berdiam diri. Melalui Klinik Bersalin Daqu Sehat, diharapkan dapat menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Malang.

Menurut Ivan Mahendra, Manager PPPA Cabang Malang, Klinik Daqu Sehat Malang berusaha meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan bayi melalui layanan pemeriksaan kehamilan, persalinan, dan kontrol pasca persalinan.

‘’Pemeriksaan dan penjagaan kandungan bukan hanya pada sisi medis tapi kita juga spiritual. Kita ajak kaum ibu hamil untuk belajar dan membaca bahkan menghafal Al Qur'an. Sehingga insya Allah jabang bayinya sudah mengenal Qur’an sejak dalam alam rahim,’’ tutur Hendra. Ia menambahkan, pasien juga dilatih menjalani riyadhoh untuk meningkatkan kualitas hidup diri dan anaknya.

Meski, Klinik Daqu Sehat siap memberikan layanan pengobatan dan pemeriksaan umum selama 24 jam sehari dengan suasana kenyamanan dan religius. Klinik dilengkapi dengan 5 (lima) ruang rawat inap, ruang laboratorium, dan Mobil Daqu Sehat yang siap melayani antar-jemput pasien.

Dr Astri Proborini, pimpinan Klinik Daqu Sehat Malang, mengungkapkan, selama setahun terakhir telah melayani 1200 pasien ibu hamil. ‘’Sebanyak 47 diantaranya melahirkan di klinik ini dengan normal dan sehat,’’ katanya.

“Dari awal kami senang PPPA Daqu Malang berencana mendirikan klinik. Ini berarti PPPA Daqu memilik kepedulian lebih terhadap kesehatan warga Malang,’’ sambut Jetty Silviani, Kepala Sarana dan Layanan Kesehatan, Dinkes Kota Malang, saat berkunjung ke Klinik Daqu Sehat, Jum’at (16/03).

Milad pertama KLinik Daqu Sehat Malang berlangsung di halaman Masjid Ramadhan. Haflah diikuti ratusan warga Malang yang meramaikan acara jalan sehat dari Masjid Ramadhan-Jalan Candi Panggung-Jalan Soetta-Perum Griya Shanta-Masjid Ramadhan. Usai jalan, para peserta dipersilakan mengikuti check up kesehatan.

Dalam taushiyahnya di acara Kuliah Dhuha, Ustadz Ahmad Jameel dari PPPA Daqu Pusat mengajak segenap warga untuk mendawamkan riyadhoh seperti sholat dhuaha dan shaum Senin-Kamis. Juga membaca danmenghafal Qur’an.

‘’Kalau ingin punya keturunan sholeh dan sholihah, ya orangtuanya harus memulai dari dirinya sendiri. Baru mengajari anaknya sejak dalam kandungan dan seterusnya,’’ kata Ustadz Jameel.

Tarmizi menambahkan, konsep klinik dengan pendekatan konprehensif antara medis dan spiritual, juga diterapkan di RS Nurul Hidayah Yogyakarta dan KLinik Daqu Sehat Magelang.

Rumah Sakit Nurul Hidayah Bantul, dibangun PPPA Daarul Qur’an bersama Ustadz Dr Sagiran dan Dr Mimin istrinya. Awalnya, Rumah Sakit ini kediaman Keluarga Dokter Sagiran yang dijadikan klinik. Sejak tahun 2000, ia jadi tempat praktik Pak Dokter dan istri. Mulai tahun 2003, ia menjadi klinik 24 jam.

Gempa bumi Mei 2006 yang berpusat di Bantul dan menewaskan sekitar 5000 warga, membuat Klinik Dr Sagiran harus menjadi RS Darurat untuk menanggulangi para korban. Per 13 Januari 2008, RS Darurat tersebut menjadi RS Bedah. Selanjutnya pada tahun 2009, ia berkembang menjadi RS Umum Nurul Hidayah dengan gedung baru dan diperkuat oleh lebih banyak tenaga medis dan karyawan.

Klinik Daqu Sehat Magelang terletak di Jalan Magelang Km 23 Desa Jumoyo Lor, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang.

Jumoyo salah satu titik kawasan evakuasi masyarakat korban lahar dingin, sebagai dampak erupsi Merapi.

Untuk memenuhi kebutuhan warga akan layanan kesehatan yang memadai, mudah terjangkau, dan konprehensif, dan bersahabat dengan dhuafa, hadirlah Klinik Daqu Sehat.



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda