Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

QURBAN SEJUTA MANFAAT

27 August 2013
Image

Hare gene belum hobby sedekah?  Tapi tahukah Anda, apa sedekah yang istimewa? Ya, qurban di Hari Raya Idul Adha. Sepert disitir dalam sebuah hadits, "Tiada sedekah uang yang lebih mulia dari yang dibelanjakan untuk qurban di Hari Raya Adha"(HR Daraquthni).

Imam Ibnu Taimiyah dalam Kitab Al Ikhtiyarat Al Fiqhiyah, Juz I:465, menyebutkan bahwa qurban dan 'aqiqah dari sisi nilai masih lebih utama daripada shadaqah biasa. Fatawa Lajnah Da’imah no1149, menyebutkan bahwa semakin bagus jenis hewan qurban, maka semakin tinggi nilai pahalanya di sisi Allah SWT. Karena itu dalam hadits keutamaan sholat Jumat dijelaskan bahwa orang yang pertama kali datang ke masjid seperti orang yang berqurban onta, disusul pahala qurban sapi, kambing, ayam dan telur.

Imam 'Abdurrazzaq meriwayatkan dari Sa'id bin Musayyab yang berkata, "Berqurban dengan seekor kambing lebih kusukai daripada aku bersedekah100 dirham" (Al-Mushannaf, Juz 4/388).

Berkata Imam Nawawi, "Bagi kami, menyembelih qurban itu lebih baik dari sedekah sunnah. Berdasarkan hadits yang membicarakan keutamaan qurban. Qurban berbeda dengan sedekah dari berbagai macam sudut pandang. Qurban itu, syiar yang harus ditampakkan" (al-Majmu' Syarah Muhadzzab, Juz 8/425).



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda