Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Berkurban Dengan Yang Baik

26 September 2013
Image

Berbicara tentang kurban, cerita keagungan Nabiyullah Ibrahim dan Ismail memang tak akan pernah bisa dipisahkan. Ketundukan, kepasrahan dan kecintaan terhadap Sang Pencipta telah digambarkan pada perjalanan kisah hidup mereka.

 

Bagi kita umat muslim, melaksanakan kurban juga merupakan salah satu bentuk kecintaan kita terhadap perintah Allah dan rasulnya. Untuk itu, mempersiapkan kurban terbaik dan mempersembahkannya merupakan rangkaian cinta terhadap perintah Allah yang tidak mungkin dilalaikan juga.

 

“Kalau dulu, orang tua kita bilang, kelak kurban ini yang akan menjadi kendaraan kita untuk menyebrangi surga,” ujar KH. Ahmad Kosasih, saat memberikan kajian tentang faidah keutamaan berkurban, pada kajian bulanan Daarul Qur’an bersama ust. Yusuf Mansur, Minggu (22/9) di Masjid Istiqlal, Jakarta.

 

Untuk itu, masih kata KH. Ahmad Kosasih, karena kita pergunakan untuk di akhirat kelak, maka kita persiapkan kurban kita sebagus mungkin. Kesempatan kurban yang datang setahun sekali tersebut jangan kita tunaikan dengan sekedar menunaikan kewajiban saja.

 

Maka, segala persiapan tentang kurban, mulai dari pemilihan hewan layak kurban, adab penyembelihan hewan kurban, hingga sampai pendistribusian hasil potong hewan kurban pun harus dilakukan dengan cara yang terbaik.

 

Berbagai pujian dan ancaman dari Nabi Muhammad tentang mereka yang berkurban dan yang tidak pun bisa menjadi pemberat hati kita. Pemberat hati kita agar kita tidak melewatkan dan menyia-nyiakan kurban.

 

“Segeralah mengambil inisiatif, jika panitia kurban tidak mendatangi kita dalam kurban tahun ini,” terang KH. Ahmad Kosasih.

 

Cerita kurban sejak Nabi Adam Acara kajian yang dihadiri tidak kurang dari seribu jamaah tersebut, juga diisi oleh ust. Ahmad Slamet. Ust. lulusan Syiria tersebut, menerangkan tentang beberapa sejarah kurban sejak zaman Nabi Adam.

 

Ia mengatakan, perintah kurban sudah ada sejak Habil dan Qabil diperintahkan oleh Allah untuk mempersembahkan kurban terbaik mereka dihadapan Allah.

 

Peristiwa kurban yang berakhir dengan peristiwa pembunuhan pertama di muka bumi itu menyisakan banyak ibrah yang bisa diambil oleh anak manusia saat ini.

 

“Tapi Allah lebih memilih ternak yang dikurbankan oleh Habil dibandingkan dengan hasil panen yang dikurbankan oleh Qabil,” ujar ust. Ahmad Slamet.

 

Allah lebih memilih kurban yang dipersembahkan dengan ketulusan, kesungguh-sungguhan, dan tentunya kurban yang terbaik jika dibandingkan dengan kurban yang dipersembahkan dengan “ala kadarnya”.



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda