Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Imam Haramain Kunjungi Kampung Qur’an

21 April 2011
Image

Syeikh Kholil adalah salah satu imam Masjid Haramain. Beliau juga guru para imam besar dunia, khususnya imam-imam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Salah satunya yang juga sangat terkenal di Indonesia, Syeikh Abdurrohman bin Sudais. Juga Syeih Misyari Rashid dari Baghdad, yang ngaji langsung pada beliau di Madinah. Putra beliau sendiri juga merupakan imam Masjid Qiblatain di Mekkah.

Melalui yayasan dan sekolah Daarul Qur'an yang didirikannya di Madinah, Syeikh Kholil merintis pembaharuan pengajaran Al Qur'an. Daarul Qur'an Madinah adalah sekolah pertama yang mengajarkan hafalan Qur'an dengan kurikulum khusus yang khas Madinah. Sekolah ini pun memiliki methodologi pengajaran yang sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Walau usia beliau sudah 70 tahun lebih, namun tak terlihat rasa capek ataupun lelah dalam mengajarkan Al Qur'an. Di rumahnya yang berdekatan dengan Masjid Nabawi, Madinah, setiap hari Syeikh Kholil melayani murid-murid yang datang dari berbagai negara khusus untuk belajar bacaan yang benar guna menjadi imam shalat. Demikian juga saat beliau mengajar para santri Daarul Qur'an pada Rabu sore di Masjid Daarul Qur'an. Jelas sekali suara dan makhroj-nya. Bahkan Surah Al Fatihah yang biasa kita baca dan dengar, saat dibacakan beliau menjadi sesuatu yang seperti baru pertama kali kita dengar.

Syeikh Kholil yang didampingi Syeikh Ahmad, Ustadz Yusuf Mansur, dan Syeikh Ali Jabir, sempat menguji bacaan ayat guru dan santri Daqu. Di antaranya bacaan Ustadz Farid Wajdi Al Haafidz, Ustadz Kholis, dan Ustadz Husni Al Haafidz. Ustadz yang terakhir ini bahkan mendapat pujian dan hadiah Rp 100 ribu dari Syeikh Kholil.

Santri yang dites bacaan Fatihah-nya antara lain Eka Ardianti. Siswi SDQI Bandung kelas XII asal Lombok ini juga mendapat pujian dari Syeikh Kholil. Pun santriwati I'dad Siti Nuratiah.

Pengajaran bacaan Al Qur'an ditutup dengan sholat Maghrib dan dilanjutkan sholat Isya. “Subhanallah, dalam usia senjanya, Syeikh Kholil masih sempurna posisi sholatnya baik ruku maupun sujudnya,” ujar Tarmizi, Direktur Eksekutif PPPA Daqu. Menurutnya, itulah kemuliaan yang Allah berikan kepada ahlul Qur’an.

Selain ke Daarul Qur’an, Syeikh Kholil dan Syeikh Ahmad juga bersilaturahim dan tampil live di MNC TV, Masjid Sunda Kelapa, serta mengunjungi beberapa kota seperti Bogor dan Makassar.

Saat menjadi khatib Jum'at di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Syeikh Kholil meminta agar yang adzan adalah Muhammad Syakir, santri Daarul Qur'an program I'dad.

Buat yang rindu bacaan khas Madinah, bulan Ramadhan ini, imam sholat tarawih di Masjid Nabawi adalah Syeikh Ahmad. Semoga kita dilapangkan jalan untuk berkunjung ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Al Fatihah.....

 



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda