Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

PPPA Daqu Tanam Sedekah Produktif di MQS

13 January 2011
Image

 

Hadir dalam perjanjian yang diteken Ketua Yayasan Daarul Qur’an Nusantara M Anwar Sani dan Direktur Utama PT MQS Hj Sariyana itu, Sekretaris Yayasan Daqu Nusantara Ustadz Hendy Irawan dan Bendahara Yayasan Ustadz Ahmad Jameel. Tak ketinggalan pula Direktur Eksekutif PPPA Daqu, Tarmizi. Tarmizi menjelaskan, syirkah tersebut merupakan salah satu bentuk sedekah produktif.

‘’Sedekah produktif adalah amal sedekah berupa asset produktif, atau dana cash sedekah yang ditumbuh-kembangkan melalui usaha produktif,’’ terang Tarmizi. Dengan bersedekah produktif, ia melanjutkan, ‘’pokok dana sedekah donatur terjaga, dan hasil perputarannya menghidupi Pesantren Tahfidz, Pendidikan Penghafal Al Qur’an, Guru dan Rumah Tahfidz, dan sebagainya yang mendukung pemuliaan Al Qur’an.’’ Tahun 2011 ini PPPA Daqu memang menggemakan tema ‘’Jadikan Sedekah Anda Luar Biasa’’ untuk mengkampanyekan sedekah produktif.

Pilihan tema itu sejalan dengan hasil penelitian Baznas maupun IMZ yang menunjukkan bahwa ZISWAF (zakat, infak, sedekah, wakaf) lebih efektif dampaknya melalui penyaluran secara produktif. Dalam bahasa Ustadz Khoeruman, pengasuh Ponpes Pertanian dan Tahfidz Qur’an Al Hidayah Majalengka, melalui cara tersebut da’wah Islam bukan sekadar kahartos (dimengerti) tapi juga karaos (dirasakan).

Tarmizi mengemukakan, sedekah produktif dalam bentuk dana akan dikembangkan melalui beragam unit usaha produktif seperti peternakan, pertanian, perikanan, dan perhotelan.

Dengan demikian, sedekah masyarakat pun akan menjadi luar biasa, karena dananya berkembang dan hasil usahanya mendukung pelestarian dan pengembangan Program Pembibitan Penghafal Al Qur'an.

Selain saham di PT MQS, sedekah produktif juga dihasilkan dari RS Nurul Hidayah Bantul Yogyakarta, yang sebagian hasilnya disalurkan sebagai beasiswa Penghafal Al Qur’an yang dikelola PPPA Daarul Qur’an. Sedekah produktif lainnya berupa Hotel Anggrek Daqu di Kuala Tengah, Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah. Sebagian besar hasil usaha hotel, digunakan untuk membiayai Rumah Tahfidz di lantai 2, yang memiliki santri sekitar 100 anak dari keluarga sekitar hotel.

Sedangkan Ny Asiah Zuhri menyedekahkan kios miliknya di ITC Depok lantai 1 Blok B4 dan B5, untuk mendukung Program Pembibitan Penghafal Al Qur'an. ‘’Kami juga mengembangkan sendiri sedekah produktif melalui usaha semisal PPPA Shop dan Ternak Qurban Eksport (Ekonomi Produktif Pesantren),’’ kata Tarmizi.

 



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda