Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Geliat Kampung Qur'an Rukem

08 January 2017
Image

Alhamdulillah sudah dua bulan program Kampung Qur’an Rukem berjalan. Dusun Rukem berada di perbukitan Desa Sidomulyo, Purworejo ini dihantam longsor pertengahan tahun 2016 lalu. Puluhan rumah rata dengan tanah, empat orang meniggal dunia, dan puluhan luka-luka. Bersama warga, PPPA Daarul Qur’an membuat pipanisasi yang hancur akibat longsor, renovasi mushalla, hingga merintis program Kampung Qur’an.

Di kampung ini, 200-an Kepala Keluarga (KK) mayoritas bekerja sebagai buruh bangunan, baik  di Kota Purworejo maupun merantau ke Jakarta. Para pemuda tak banyak bisa ditemui, rutinitas sehari-hari mereka tak pernah berubah dari dulu, pergi bekerja jam 6 pagi dan pulang jam 6 sore.

Dua bulan sudah saya bertugas. Biasanya, warga memanggil saya Ustadz Dafi. Sambutan yang ramah, senyum dan harapan yang mengembang dari warga dan anak-anak kampung menambah semangat melayani warga. Walaupun di awal-awal saya sangat asing bagi mereka, namun kini keasingan itu menjelma menjadi rasa kasih dan sayang. Saya hidup bersama Pak Sudiman dan Bu Painah yang kini menjadi orang tua angkatku.

Di ruang tamu rumahnya yang berukuran 3x3 meter saya biasa berisitirahat. Ruang tamu itu di sulapnya menjadi kamar pribadi saya. Alhamdulillah, Allah memberi keluarga baru yang begitu menyayangi saya. Setiap sore, saya bertugas menjalankan program Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di Musholla Miftaahul Hudaa, untuk mengajar baca tulis qur’an (BTQ). Jarak rumah yang berjauhan di atas bukit tidak membuat santri patah semangat.  Inilah yang membuat saya merasa betah.

Dua bulan berjalan, program-program Kampung Qur’an Rukem selama terlaksana lancar. Mulai dari Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), HafalanQu (hafalan Qur’an ku), Kids Fun Game On Friday, Festival Anak Soleh (FAS), Tabungan Santri, Santri Sehat dan Cerdas, dan Buku untuk Kampung Qur’an. Semua program ini didukung penuh oleh warga untuk menunjang pendidikan terbaik bagi anak – anak mereka. Apalagi, saat ini dibangun Taman Bacaan Mandiri (TBM) Hasanah hasil kejasama BNI Syariah dan PPPA Yogyakarta. Alhamdulillah, sebanyak 43 anak-anak dari usia PAUD sampai SMP menjadi santri Kampung Qur’an Rukem.

Allah SWT memberi kemudahan bagi saya dalam berdakwah. Dalam waktu yang relatif singkat, program HafalanQu mendapat antusiasme yang luar biasa. Tercatat santri yang mengikuti program ini semakin bertambah jumlahnya. Awal bulan Desember 2016  lalu baru 3 orang, dan kini di awal 2017 sudah mencapai 9 orang santri.

Kegiatan hafalanQu dilaksanakan setiap sore hari, Senin sampai Jumat setelah semua santri mengikuti TPA. Sebagian mereka memilih setoran ba’da shalat Subuh berjamaah di Mushalla. Untuk awal, mereka menghafal Qur’an Juz 30 dan surat pilihan yakni Al Waqiah, Al Mulk, Ar Rshman dan surat Yaasin.

Yeni, Elisa, dan Septi merupakan santri yang memilih surat An Naba. Tidak terasa, walaupun berat bagi mereka untuk datang setiap subuh. Namun karena kegigihannya, kini Yeni, Elisa, dan Septi sudah menghafalkan 15 ayat surat An Naba, dan Insya Allah akan terus bertambah kedepannya. Sedangkan, Rama dan Romeo memilih surat Ar Rahman, mereka biasa menghafalkan surat tersebut di rumahnya. Ibundanya membimbing Rama dan Romeo untuk menghafal melalui audio MP3 menjelang tidur. Rama kini telah berhasil menghafalkan 14 ayat surat Ar Rohman. Alhamdilillah!

Semangat Program Pembibitan Penghafal Qur’an kini telah masuk di kampung ini. InsyaAllah dengan doa dan ikhtiar kita semua, Kampung Qur’an Rukem akan menjadi salah satu kampung di Indonesia yang akan melahirkan generasi penghafal Al-Qur’an. Aamiin Ya Robbal Alamiin.

 

Oleh Ahmad Rizal Khadafi, Pendamping Kampung Qur’an Rukem



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda