Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Jelajah Mobile Qur'an di Bandung

01 February 2017
Image

Bandung (31/1) - Langit yang cerah pagi itu mengantarkan tim Mobile Qur'an (Moqu) PPPA Daarul Qur'an Bandung ke SMP Islam Terpadu Bina Insan Unggul. Tim disambut gembira oleh siswa-siswi di sekolah yang letaknya di Jalan Jendral Abdul Haris Nasution, Cilengkrang, Bandung Timur.

Anak-anak begitu antusias menyimak metode hafalan Alqur'an yang diberikan tim Moqu Bandung. Adalah Hamdi Robbi Akhyar dan Aceng Kosim yang dengan cekatan mengajarkan metode One Day One Ayat (ODOA) ditambah dengan belajar tahsin dan teori dasar lagam Alqur'an.

Kang Hamdie dan Kang Cengko saapan akrab keduanya, mengajarkan siswa-siswi menghafal Surat Fathir ayat 27-28. Alhamdulillah, sekitar 200 murid mampu mengikuti pelatihan ini. 

"Selain hafal secara ayat, mereka juga mampu membaca alqur'an dengan disertai lagam. Harapan dan cita-cita dari kegitan ini adalah dapat menjadikan sekolah yang non pesantren mampu menghasilkan siswa-siswi penghafal Qur'an," ujar Koordinator Program PPPA Daarul Qur'an Bandung‎, Ustadz Gugum.

M Noor, yang merupakan salah satu guru di SMP Islam tersebut menilai, hadirnya Moqu ke sekolahnya sangat bermanfaat. Sebab, murid-muridnya kini dapat menghafal Qur'an dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Sejak tiga tahun yang lalu SMP Islam Terpadu Bina Insan Unggul memang menerapkan kegiatan tahfidz. Ini didasari atas semangat dan komitmen sekolah agar tidak hanya melahirkan lulusan yang cakap secara kompetensi, namun juga harus hafal Qur'an.

"Semoga mereka cepat memahami metode untuk menghafal Qur'an. Sebab ke depan kami akan mewajibkan anak-anak menghafal 3 juz. Itu akan kami jadikan syarat lulus SMPIT Bina Insan Unggul," tuturnya.

Hayya (13), salah satu siswi yang saat ini tengah duduk di kelas 8 mengaku sangat termotivasi dengan aksi tim Moqu Bandung. "Sangat seru sekali. Sebelumnya saya merasa sulit menghafal Alqur'an karena belum pernah menggunakan metode mudah seperti ODOA. Semoga orang tua saya bisa bahagia melihat saya menjadi seorang penghafal Qur'an. Aamiin," ucapnya.

Moqu adalah program edukasi melalui teknologi dan story telling berbasis tahfidzul Qur'an. Program ini diperuntukan bagi komunitas, sekolah, majelis taklim dan masyarakat pada umumnya. Daqu Value juga dikenalkan kepada masyarakat melalui dongeng berbasis multimedia.

Tim Moqu yang berkunjung ke daerah-daerah juga akan menginisiasi gerakan Rumah Tahfidz.‎ Program ini merupakan salah satu program penyaluran dana sedekah yang diamanahkan masyarakat kepada PPPA Daarul Qur'an guna membangun spirit generasi Qur'ani di tengah masyarakat.



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda