Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Sejuta Qur'an Hafalan untuk Penghafal Qur'an

10 February 2017
Image

Lembar demi lembar dibuka, warnanya tampak kekuningan bahkah lebih tepat mulai kecoklatan. Tapi hurufnya masih bisa dibaca jelas. Lantunan ayat suci yang terdengar tak asing, rupanya para santri berusia 10 tahunan sedang melakukan murojaah sesekali ustadz di depan itu membetulkan bacaan santri.

Tak jauh dari tempat belajar nampak lemari kecil berisikan Alqur'an. Sebagian Alqur'an itu memang terlihat usang, usianya mungkin sudah sangat tua bahkan sebelum anak-anak itu lahir.

Semangat melahirkan semakin banyak generasi penghafal Qur’an dari kota hingga pelosok, mendorong PPPA Daarul Qur'an untuk memfasilitasi Alqur'an khusus bagi penghafal Qur'an. Alqur’an ini telah dilengkapi lembar catatan untuk memudahkan para santri belajar menghafal.

Pada 2017 ini, PPPA menargetkan 40 ribu Alqur'an untuk dibagikan kepada 19 ribu santri di 806 Rumah Tahfidz yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Program ini diharapkan dapat memudahkan para santri untuk menghafal Alqur'an.

Setiap bulannya Alqur’an hafalan akan disebar sebanyak 3000 pcs. Per Januari lalu, Alqur’an hafalan telah disebar melalui jaringan kordinator daerah Rumah Tahfizh. Namun distribusi ini baru untuk sebagian wilayah Jawa.

Produksi Alqur’an terus berjalan, didanai dari sedekah para donatur yang telah diamanahkan melalui PPPA Daarul Qur'an. Dengan harapan para santri akan merasa bangga dan bersemangat dengan Alqur’an khususnya menghafal. Tak ketinggalan, para donatur juga kebagian pahala kebaikan setiap hurufnya.

"PPPA punya jaringan yang luar biasa dengan Rumah Tahfidz. Program ini juga merupakan penyeragaman Alqur'an untuk Rumah Tahfidz. Jadi saat berbicara Rumah Tahfidz, dimana pun sama Qur'annya," ujar Pengasuh Rumah Tahfidz Center (RTC), Ustadz Solehuddin.

Keberadaan Rumah Tahfidz dan para santri penghafal Qur'an akan terus meningkat. Sebab, saat ini Rumah Tahfidz baru ada di 122 kabupaten. Sementara, target PPPA di 2017 ini adalah membangun Rumah Tahfidz di 514 kabupaten dan menambah jaringan rumah tahfizh luar negeri.

Alqur'an yang akan disalurkan ke seluruh Rumah Tahfidz sudah dilengkapi dengan metode hafalan tanpa menghafal. Ini akan meringankan santri-santri Rumah Tahfidz dalam menghafal Alqur'an.

Ustadz Soleh menjelaskan, santri yang akan mendapat Alqur'an adalah santri yang punya hafalan paling sedikit 1 juz. Hal itu agar para santri terdorong untuk terus meningkatkan hafalannya.

Program ini terbuka untuk siapapun yang ingin terlibat dalam pengadaannya. Menanam bibit kebaikan maka akan tumbuh kebaikan, semakin sering disiram dan dipupuk tumbuhnya semakin bagus. Melalui sedekah Alqur’an akan lahir jutaan para hafidz Qur’an.

"Tentunya sebuah keniscayaan kalau seandainya para donatur juga ikut andil dalam sedekah pengadaan Qur'an. InsyaAllah, setiap huruf, kalimat yang dibacakan anak-anak akan jadi pahala buat para donatur," tutur Ustadz Soleh.



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda