Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Mobile Qur'an Jelajah Negeri

19 April 2017
Image

Terjal, menanjak dan menikung. Kiranya, begitulah jalan-jalan yang dilalui Mobile Qur'an (MOQU) ke kampung-kampung, ratusan majelis ta'lim dan sekolah-sekolah di seluruh penjuru nusantara. Tak jarang, jalan-jalan sempit dan setapak di pelosok daerah penggunungan pun dilintasi MOQU.

Semua itu tak jadi penghalang MOQU mengenalkan Alqur'an kepada masyarakat umum khususnya anak-anak. Ya, program ini dibuat PPPA Daarul Qur'an sebagai salah satu ikhtiar memotivasi para orang tua maupun anak untuk mencintai Alqur'an, mengajak menghafal dan mengenalkan Daqu Value

Alhamdulillah, MOQU sudah ‎melintas di Pulau Sumatera hingga Jawa. Ikhtiar mengajak masyarakat umum dan anak-anak mencintai dan termotivasi menghafal Qur'an pun perlahan tercapai. 100 ribu anak-anak sudah menerima manfaat MOQU  yang sudah menelusuri Nusantara di 80 lebih titik.

Salah satunya saat MOQU menjelajahi beberapa daerah di Pulau Jawa pada pertengahan Februari lalu.  Anak-anak SD maupun SMP di Subang begitu antusias menyambut kedatangan tim MOQU.

Mereka terkagum menyaksikan kecanggihan mobil MOQU dengan berbagai multimedia yang terpasang di mobil. Televisi layar datar yang lebar juga rak-rak dengan ratusan buku warna warni tampak begitu memukau wajah-wajah siswa-siswi SD dan SMP di Kecamatan Kalijati itu.

Setelah puas melihat kecanggihan MOQU. Tim mengajak murid-murid menghafal Alqur'an dengan metode One Day One Ayat (ODOA).‎‎ Alhamdulillah, anak-anak dapat dengan mudah menghafal setelah mempraktikkan metode ODOA.

Setelah beraksi di sejumlah sekolah di wilayah Jawa Barat, tim MOQU lanjut ke Purwodadi, Jawa Tengah.  Antusias anak-anak SD dan SMP yang ada di daerah itu pun hampir sama seperti siswa-siswi di Subang. Namun ada hal menarik di Purwodadi, para guru di daerah ini meminta tim MOQU mengajarkan metode ODOA.

"Akhirnya kami berinisiatif membuat pelatihan guru-guru se-Kecamatan Purwodadi. Karena ini acara roadshow, jadi kami kan enggak selamanya di sana. Sehingga kami ingin meninggalkan sesuatu, agar saat kami pulang guru-guru bisa melanjutkan metode cara mengajarkan anak-anak menghafal Qur'an," ujar Koordinator Tim MOQU Abdi Husni Dermawan.

Aksi MOQU tak hanya dilakukan PPPA Daarul Qur'an Pusat, beberapa kantor cabang PPPA juga menjalankan program ini. Tak jarang aksi tim MOQU PPPA Daarul Qur’an cabang juga penuh rintangan, memasuki gang-gang sempit perkotaan, jalan setapak di pegunungan atau jalan berbatu di pedesan.

MOQU hanyalah salah satu ikhtiar untuk memotivasi anak-anak untuk dekat dengan Alqur'an. Termasuk anak-anak yang tinggal di pelosok maupun gang-gang sempit di seluruh penjuru Indonesia.‎ Semoga Allah senantiasa mendawamkan Alqur'an di setiap tempat. Tak hanya pelosok desa namun juga lorong sempit pemukiman kota. 



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda