Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Ngabuburit Bareng Mobile Qur’an

08 June 2017
Image

Kata ”ngabuburit” memiliki kata dasar burit yang dalam bahasa sunda artinya 'sore'. Ngabuburit telah lama menjadi kebiasaan masyarakat di Jawa Barat. Dahulu kala para ibu-ibu akan keluar rumah selepas ashar bertandang ke rumah tetangga sambil menganyam dan bersenda gurau.

Sedangkan anak-anaknya akan bermain keluar rumah menyisir alun-alun hingga matahari terbenam. Kegiatan tersebut dilakukan sambil menunggu bapak mereka pulang dari ladang.

Istilah ngabuburit yang biasa identik dengan bulan Ramadhan adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang ketika menghabiskan waktu menunggu Adzan Maghrib berkumandang, atau biasa disebut menunggu waktu berbuka puasa. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ketika ngabuburit seperti jalan-jalan, mengaji bersama di masjid, dan lain-lainnya.

Jenis-jenis untuk mengisi waktu ngabuburit pun bermacam-macam, ada yang hanya tidur-tiduran, menonton, bermain game, jalan-jalan, ada pula yang mengisinya dengan mengaji bersama di masjid dan lain-lain.

Layanan Mobile Qur’an (MoQu) sebagai suatu program edukasi berbasis teknologi dan story telling berbasis tahfizhul Qur’an hadir untuk mengisi ngabuburit anak-anak di bulan Ramadan ini. MoQu beraktivitas sebagai sarana edukasi dengan dongeng/cerita islami dan memahami metode tahfidzul qur’an sima’iyyah atau mendengar berulang-ulang.

MoQu melakukan aksi di berbagai tempat pada Ramadan kali ini untuk mengisi waktu ngabuburit. Seperti di Kompleks Perumahan Kompas 2, Pamulang, Jum'at, 2 Juni lalu.

Menghibur anak-anak Bimbingan Belajar (Bimbel) Al Fatih Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu, 3 Juni. Mengajarkan metode One Day One Ayat (ODOA) kepada para anak yatim dan dhuafa di Masjid Jabal Ar Rahmah Vila Dago, Pamulang, Minggu, 4 Juni.

Meceritakan kisah Islami kepada para santri Yayasan Gemilang Bersama di Larangan Selatan, Tangerang, Selasa 6 Juni. Serta, menghibur anak-anak peserta Pesantren Kilat di MI Pembangunan Ciputat, Tangerang Selatan.

Kegiatan positif seperti ini akan terus berlangsung selama Ramadhan. MoQu dengan cerita Islami dan program One Day One Ayat-nya akan menemani waktu ngabuburit selama Ramadan. Haji Samsul Bahri selaku pengurus masjid Jabal Ar Rahmah mengucapkan terima kasih karena MoQu telah menghibur anak-anak yatim dan dhuafa yang berada di kompleksnya.Novita Sari juga sangat senang para santrinya di Yayasan Gemilang Bersama bisa menuggu waktu berbuka puasa sambil ditemani MoQu.



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda