Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Jelajah Mobile Qur'an di Jawa Barat

31 July 2017
Image

Mobile Qur’an (MoQu) kembali menyapa anak-anak Indonesia. Kali ini, jelajah MoQu sampai di Jawa Barat, memberikan motivasi kepada santri binaan Ustad Zaenal Aripin di Baleendah Bandung dan Ustadzah Neneng di Cimahi, Kamis (20/7).

Ustad Zaenal dan Ustadzah Neneng merupakan penerima Simpatik Guru PPPA Daarul Qur’an, salah satu program di PPPA Daarul Qur’an yang memberikan dukungan dan pendampingan aktivitas untuk guru ngaji yang secara sukarela membangun peradaban Islam di kampungnya.

Aa Zezen, panggilan akrab Zaenal biasanya mengajar ngaji dari pagi sampai malam hari di masjid dekat rumahnya. Tempatnya tak begitu luas dan jumlah santri yang berjumalah lebih 90 orang membuatnya lebih kreatif dalam mengatur jadwal ngaji para santrinya.

Ruangan yang tak begitu besar biasanya diakali dengan menjadikan kediamannya sebagai tempat ngaji alternatif saat masjid tak bisa lagi menampung. Jumlah santri yang banyak dan guru ngaji yang hanya Ustad Zezen seorang diri disolusikannya dengan menjadikan para santri senior menjadi pengajar para santri yang lebih muda.

Seperti halnya Ustad Zaenal, Ustadzah Neneng di Cimahi juga mengajar para santrinya itu mulai pagi sampai malam hari. Rumahnya dan rumah mertuanya digunakan sebagai tempat ngaji para santri yang berjumlah lebih seratus orang setiap harinya.

Tak ada kata lelah bagi Ustadzah Neneng untuk mengajar ngaji anak-anak di desa tempat tinggalnya di kawasan Cigugur Tengah tersebut. Ustadzah Neneng tidak ingin anak-anak disekitar komplek tempat tinggalnya terlena dengan pesatnya perkembangan teknologi dan melupakan kewajiban mereka selaku umat muslim untuk menuntut ilmu agama.

Karena jumlah santri yang kian hari kian bertambah, Ustadzah Neneng juga dibantu suaminya untuk mengajar ngaji. Tim MoQu harus berjalan kaki melewati gang-gang sempit untuk sampai ke TPA Al Hikmah tempat Ustadzah Neneng mengajar.

TPA At Taqwa tempat Ustad Zaenal dan TPA Al Hikmah tempat Ustadzah Neneng mengajar, MoQu melakukan aksi setelah para santri diajar ngaji. Anak-anak sangat senang mendengarkan dongeng dan games dari Kak Alif Trainer MoQu.

Apa lagi saat Kak Alif menghadiahkan Mushaf Alqur’an untuk para santri yang punga hafalan Qur’an, para santri berlomba-lomba untuk mempraktekan hafalannya di depan panggung. Alhamdulillah, anak-anak selalu antusias saat MoQu memberikan motivasi.

MoQu akan terus berjelajah ke kota-kota maupun pelosok Nusantara untuk terus memotivasi anak-anak Indonesia menghafal Alqur’an. Semoga, Allah memudahkan dan meridhoi setiap ikhtiar ini. Aamiin.



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda