Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Mengalirnya Kepedulian untuk Rohingya

22 September 2017
Image

Ratusan ribu muslim Rohingya masih mengungsi di Bangladesh. Menurut data di lapangan, sekitar 500.000 jiwa telah memenuhi perbatasan Bangladesh dan masih ada sebagian terlunta di perjalanan menuju pusat-pusat pengungsian.

Anak-anak dan wanita menjadi korban paling memprihatinkan. Trauma berkepanjangan menimpa anak-anak Rohingya yang selamat dari krisis kemanusiaan di Rakhine, Myanmar. Harapan bisa hidup bebas dan mendapat pengakuan dari pemerintah nampaknya masih menjadi doa panjang bagi mereka.

Pantauan dari salah satu lokasi pengungsian, sekitar 20.000 jiwa berada di Cox's Bazar perbatasan Myanmar-Bangladesh. Sanitasi dan kesehatan menjadi masalah paling penting yang menimpa para pengungsi. Air menjadi kebutuhan paling langka di pengungsian, kondisi inilah yang mudah memicu timbulnya penyakit.

Yang paling dikhawatirkan adalah anak-anak dan balita serta orang tua yang sudah usia lanjut. Satu petak barak bisa dihuni lebih dari dua keluarga. Tak ada ruang untuk bergerak, makanan dibagi bersama. Asal bisa menahan lapar sejenak, merekapun sudah bahagia. Sebab bagi mereka, sudah selamat itu pertolongan Yang Maha Kuasa.

Cox's Bazar adalah lokasi pengungsian yang akan menjadi pusat bantuan tim kemanusiaan PPPA Daarul Qur'an menyalurkan bantuan dari masyarakat Indonesia. Keprihatinan ini terus menyita perhatian dunia luar, bantuanpun masih terus mengalir dari Indonesia. PPPA Daarul Qur’an sendiri masih terus melakukan penggalangan dana untuk saudara-saudara muslim Rohingya yang kini sangat membutuhkan bantuan, baik logistik maupun medis.

Alhamdulillah, begitu banyak masyarakat yang mempercayakan dukungannya kepada PPPA Daarul Qur’an. Mulai dari anak-anak SD Daqu Full Day, santri-santri pesantren juga rumah tahfizh Daarul Qur’an, sejumlah sekolah, yayasan, perusahaan dan komunitas menyampaikan amanah Rohingya melalui PPPA Daarul Qur'an.

Anak-anak SD Daqu Full Day dan santri Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Ketapang misalnya, yang menggalang dana dengan menyisihkan uang jajan hingga mencapai Rp53.945.200. Begitu pula dengan CIMB Niaga Syariah dan Yayasan Amanah Takaful telah menyalurkan donasi untuk Rohingya melalui PPPA Daarul Qur’an masing-masing sebesar Rp100 juta.

Penghimpunan di kantor-kantor cabang PPPA Daarul Qur’an juga terus meningkat. Di PPPA Daarul Qur’an Makassar misalnya, yang mencapai Rp128.801.788. Sementara di PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta Rp14.767.500, menyusul cabang-cabang lainnya di Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya dan Malang.

“Sembari mempersiapkan dokumen izin keberangkatan tim kemanusiaan PPPA Daarul Qur’an menuju Bangladesh, kami masih terus melakukan penghimpunan dana. Bagi masyarakat yang ingin ikut membantu saudara-saudara muslim Rohingya bisa melalui sedekahonline.com, layanan jemput ke sekolah-sekolah atau transfer melalui rekening kemanusiaan,” ujar Tarmizi As Shidiq, Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur’an.

Semoga krisis kemanusiaan yang dialami saudara-saudara muslim Rohingya segera berakhir dan Allah mengganti segala kesulitan yang mereka alami dengan nikmat yang luar biasa. Aamiin Allahuma Aamiin.



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda