Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Kelas Surat Al Fath Kampung Qur'an Rukem

19 October 2017
Image

Kelas surat Al Fath menjadi program tambahan di Kampung Qur’an Rukem, Purworejo sejak awal Oktober 2017. Seluruh santri mulai dari jenjang iqra’ sampai dengan Alqur’an diwajibkan mengikuti kelas ini meskipun beberapa santri tengah mengikuti program hafalan surat lainnya.

“Saya bilang kepada santri semuanya bahwa sampai 22 Oktober, kita akan fokus menghafal surat Al Fath,” ujar Ustad Ahmad Rizal Khadapi yang merupakan pengasuh di rumah tahfizh Kampung Qur’an Rukem.

Jika para santri mampu menghafal Al Fath, maka ini kali pertama mereka akan ikut dalam perayaan Wisuda Akbar 8. Alhamdulillah, meskipun sebenarnya menghafal surat Al Fath belum masuk dalam perencanaan program Kampung Qur’an Rukem pada Oktober ini, namun beberapa santri sudah menghafal surat Al Fath sampai 11 ayat.

“Saya targetkan mereka untuk bisa menghafal minimal satu ayat setiap hari (One Day One Ayat),” tutur Ustad Rizal sapaan akrabnya.

Sebut saja Desi Susanti. Sejak kelas surat Al Fath dimulai pada awal Oktober lalu, siswa kelas VIII SMP ini mampu menghafal 11 ayat. Begitu juga dengan Hanifah Puri, yang merupakan siswa kelas II SD. Ia juga sudah hafal 11 ayat dalam tujuh hari.

Selain mereka berdua, beberapa santri yang ikut kelas surat Al Fath telah mampu menghafal sampai sembilan ayat. Seperti Aulia, Elisa, Veri Amertiana, Rama dan Romeo. Bahkan Rama dan Romeo, Ibundanya secara khusus ikut membimbing di rumah.

Begitu pula dengan santri-santri lain yang mengikuti jejak kedua santri di atas. Ada Nana, Gunawan dan Dimas yang telah mampu menghafal sampai lima ayat. Walaupun mereka hanya bisa ikut mengaji pada hari Rabu dan Kamis, kemampuan mereka menghafal tetap menjadi prioritas untuk ditingkatkan.

“Saya tahu mereka tidak bisa ikut ngaji pada hari Senin, Selasa dan Jumat, sebab mereka harus mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. Bagi saya ini tak mengapa, asal mereka bisa tetap datang ngaji di waktu yang luang itu sudah cukup menjadi bekal untuk menumbuhkan semangat baca dan hafal Qur’an.” ujar Rizal.

Dengan capaian tersebut Rizal yakin sebagian santri yang mengikuti kelas surat Al Fath akan mampu menyelesaikan hafalannya sebelum 22 Oktober. “Ini adalah harapan terbesar kami agar tahun ini santri-santri di Kampung Qur’an Rukem bisa menjadi peserta Wisuda Akbar 8, Aamiin,” harapnya.



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda