Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Wisuda Akbar Sampai di Pengungsian Rohingya

23 October 2017
Image

Semarak Wisuda Akbar 8 Dunia Menghafal tak hanya berlangsung di Indonesia melainkan menggema di berbagai belahan dunia lainnya pada Ahad (22/10). Peserta Wisuda Akbar begitu khidmat mengikuti hafalan surat Al Fath, salah satunya di kamp pengungsian Rohingya yang terletak di Cox's Bazar perbatasan Myanmar-Bangladesh.

Bangladesh menjadi negara ke tiga belas sebagai lokasi penyelenggaraan. Di tengah krisis kemanusiaan yang melanda muslim di sana mereka tetap istiqomah belajar agama dan menghafal Alqur’an. Khususnya puluhan anak-anak Rohingya yang begitu semangat mengikuti Wisuda Akbar 8.

Gelaran menghafal Alqur’an bersama ini dilangsungkan di Masjid Al Mansur. Salah satu dari tiga masjid yang direnovasi PPPA Daarul Qur’an untuk para muslim Rohingya agar lebih nyaman beribadah. Sebelumnya kondisi masjid hanya beralaskan tanah dan atapnya hanya ditutup dengan plastik.

Alhamdulillah,  masjid yang terletak di Taingkali Camp itu kini sudah beralas semen dan atapnya ditutup dengan seng-seng yang kokoh. Wisuda Akbar 8 di kamp ini berjalan khusyuk. Acara dihelat dengan penuh hikmat. Mulai setoran hafalan, hingga tausyiah dari Syeikh Nur Salim Al Gharibi, salah satu Ulama Coxs Bazar Bangladesh.

Wisuda Akbar dibuka dengan pembacaan surat Ad Dhuha oleh salah satu santri Tangkali Camp, Abdul Halim (15). Suara merdu dan khas Bengali ini, membuat jemaah merenung dan terhentak hatinya, hingga menereskan air mata. Moment khidmat ini pertama kalinya bagi mereka setelah perjuangan mencari perlindungan.

“Semangat anak-anak Rohingya untuk menghafal Qur’an patut diapresiasi, walau mereka  terpaksa tinggal di bedeng-bedeng yang hanya beralas tanah, beratap terpal dan ranting bambu sebagai tiang penopangnya,” ujar Ustad Asnal Ma’arif, salah satu Tim Kemanusiaan PPPA Daarul Qur’an untuk Rohingya.

Sementara itu Syeh Nur juga sempat menyampaikan pesan dalam tausiyahnya kepada seluruh muslim Rohingya yang hadir dalam perhelatan Wisuda Akbar 8 di Masjid Al Mansur. “Kita harus tetap bertakwa dan selalu ingat kepada Allah meskipun hidup dengan keterbatasan yang kita punya saat ini," tuturnya.

Terlaksananya gelaran akbar ini tak lepas dari dukungan jemaah Indonesia dan donatur PPPA Daarul Qur'an. Kesempatan berharga setahun sekali ini dapat juga dirasakan saudara muslim Rohingya di tengah keterbatasan.



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda