Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Bangun Kembali Madrasah di Cox's Bazar

30 October 2017
Image

Setelah merenovasi masjid darurat di sejumlah kamp pengungsian muslim Rohingya di perbatasan Myanmar-Bangladesh, kini PPPA Daarul Qur’an membangun madrasah. Pembangunan madrasah menjadi tujuan berikutnya, sebab anak-anak Rohingya yang jumlahnya sangat banyak membutuhkan pendidikan yang cukup layak. Madrasah diharapkan menjadi wadah dan sarana belajar serta menutut ilmu Alqur’an bagi anak-anak Rohingya di pengungsian.

Lokasi pertama yang menjadi tempat pembangunan madrasah adalah Tangkali dan Balukhali Camp Cox’s Bazar, Bangladesh. Berita baik ini langsung menyebar, rona bahagia tampak dari senyum kecil bocah-bocah Rohingya setelah mengetahui madrasah dibangun di tempat mereka tinggal saat ini.

Koordinator Tim Kemanusiaan PPPA Daarul Qur’an untuk Rohingya Didi Kurniawan mengatakan, madrasah sederhana dibangun untuk mengembalikan semangat anak-anak Rohingya. Sebab setelah diterpa krisis kemanusiaan yang tak kunjung usai, kebanyakan dari mereka mengalami trauma mendalam dan dikhawatirkan akan mempengaruhi psikis mereka di masa yang akan datang.

Menurutnya, madrasah menjadi kebutuhan mendesak di kamp-kamp pengungsian. Belum adanya tempat untuk anak-anak Rohingya belajar dan menghafal Qur’an menjadikan mereka terlantar tanpa bimbingan dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain.

“Mudah-mudahan dengan dibangunnya madrasah bisa menghidupkan cita-cita mereka yang sempat redup, memberikan mereka pendidikan yang baik sehingga mampu memantik kembali semangat mereka untuk belajar Alqur’an,” ujar Didi.

Didi yang sudah hampir satu bulan tinggal di Cox’s Bazar ini mengatakan, pemuda-pemuda muslim Rohingya sendiri banyak yang sudah menjadi hafizh Qur’an. Merekalah yang nantinya akan diberdayakan untuk menjadi guru-guru tahfizh di masing-masing madrasah yang telah dibangun PPPA Daarul Qur’an.

“Maka kami sediakan tempat untuk mereka belajar dan menghafal Alqur’an. Diharapkan dengan fasilitas madrasah ini, kegiatan belajar mengajar tahfizhul Qur’an di kamp-kamp pengungisan dapat terlaksana dengan baik dan lebih efektif,” ucap Didi.

Didi mengatakan, renovasi masjid-masjid darurat juga akan terus berjalan seiring dengan pembangunan madrasah. “Kami akan terus menelusuri kamp-kamp pengungsian yang masjidnya masih beralas tanah dan beratap plastik serta mendirikan mandrasah di kantong-kantong pengungsian tersebut,” ucapnya.

PPPA Daarul Qur’an sendiri membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin terlibat dalam program tersebut. Dukungan untuk pembangunan madrasah di kamp-kamp pengungsian Rohingya dapat disalurkan melalui rekening donasi untuk Rohingya. Semoga ikhtiar membangun madrasah ini menjadi jalan kebaikan dan balasan pahala yang terus mengalir.



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda