Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Mengevaluasi Jejak Langkah

27 December 2017
Image

Agama kita mengajarkan, bahwa evaluasi jejak-langkah sangat penting. Salah satunya, pesan Nabi Muhammad SAW melalui sebuah hadits, “Tak akan melangkah kedua kaki anak Adam di Hari Kiamat dari sisi Rabb, hingga dia ditanya tentang lima perkara (yaitu): tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa ia gunakan, tentang hartanya dari mana ia dapatkan, dan dalam hal apa (hartanya tersebut) ia belanjakan serta apa saja yang telah ia amalkan dari ilmu yang dimilikinya” (HR at-Tirmidzi, ath-Thabrani).


Sepanjang 2017, PPPA Daarul Qur’an terus menguatkan program di bidang kemanusiaan, pendidikan dan dakwah. Inovasi tiada henti dilakukan untuk meningkatkan kinerja program, sehingga memberikan sebesar-besarnya kemaslahatan bagi masyarakat.


Program Kampung Qur’an, sebagai model pembinaan desa, juga terus kita kembangkan dengan wasilah pembangunan jalan kehidupan dan jembatan doa. Tahun ini kita membangun Jembatan Cimanceuri di Desa Jagabita, Kec Parung Panjang, Kab Bogor, Jawa Barat.


Pada Maret 2017, kita meresmikan jalan cor beton sepanjang dua kilometer di balik Gunung Bunder, persisnya di Kampung Kukuk Sumpung, Desa Gobang, Rumpin, Bogor, Jabar. Sebuah kampung yang ditinggali sekitar 150 KK.


Kampung Qur’an Jagabita dan Kukuk Sumpung menambah daftar Kampung Qur’an lainnya yaitu Kampung Qur’an Oeue NTT, Glagahardjo Merapi, Bobanehena Halmahera Barat, Tomado Sulawesi Tengah. Juga di Pesisir Sipelot Malang, Pulau Sebatik Kalimantan Utara, Kampung Parit Gantung Banyuasin.


Masih di 2017, perkembangan luar biasa rumah tahfizh di berbagai daerah dan negera tergambarkan saat pelaksanaaan Wisuda Akbar ke 8. Hajatan Internasional ini berlangsung di 12 provinsi, di 17 Kabupaten/Kota di Tanah Air. Sedang di mancanegara tergelar di Palestina, Mesir, Hongkong, Taiwan, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Turki, Arab Saudi, Malaysia, Korea Selatan, Sudan, Jerman, Jordan, Syiria, dan Lebanon, serta di Bangladesh.


Yang terakhir itu berlangsung di sebuah masjid di Kamp Pengungsian Muslim Rohingya di Thangkali, Distrik Cox’s Bazar. Masjid ini salah satu dari sejumlah masjid lokal yang direhab PPPA Daarul Qur’an agar lebih layak dan menampung jamaah lebih banyak termasuk para pengungsi. Alhamdulillah, pelaksanaan Wisuda Akbar berjalan lancar. Berbasis di masjid-masjid itulah, PPPA Daarul Qur’an menyalurkan bantuan kemanusiaan dan trauma healing berbasis Qur’an.


InsyaAllah, di tahun-tahun mendatang Wisuda Akbar akan berlangsung di semakin banyak negara, seiring dengan bermunculannya rumah dan pesantren Tahfizh di mancanegara.


Selain itu, pemberian beasiswa untuk mahasiswa tahfizh di kampus-kampus terus ditambah. Hal ini untuk menyiapkan kader tahfizh. Pembinaan calon pengajar tahfizh juga terus digenjot, mengingat kebutuhan besar akan guru tahfizh di pelosok Nusantara.


Sambil terus menebar manfaat bagi masyarakat, PPPA Daarul Qur’an terus berbenah dan mengevaluasi setiap programnya. Selanjutnya, ditingkatkan kuantitas maupun kualitasnya agar jumlah penerima manfaat, sebaran daerah dan jumlah bantuannya terus bertumbuh.


Jazzakallah khairan katsiran, terima kasih kami sampaikan kepada masyatakat Indonesia yang terus mendukung dan mengapreasi program-program PPPA Daarul Qur’an. Semoga Anda mendapat keberkahan dan terkabulkan segala hajatnya.


Do’a kami, insyaAllah di 2018 PPPA Daarul Qur’an terus bertumbuh-kembang, memberikan kemaslahatan yang semakin luas dan memberi andil bagi terwujudnya Indonesia dan Dunia yang lebih baik.



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda